Senin, 01 Oktober 2012

Motivation for Colege Friend

http://training.selarasconsulting.com/wp-content/uploads/2013/10/motivasi.jpg

Kemauan adalah kesungguhan hati dalam
mewujudkan impian melalui tindakan nyata
secara konsentrasi.
~Ainy Faujiah

Ramai yang ingin kuliah, tapi ragu mau kuliah di mana
Ramai yang ingin jadi sarjana, tapi tak tahu mau jadi sarjana macam apa
Ramai yang ngaku mahasiswa, tapi tak sadar apa tanggungjawab utamanya
Ramai yang sudah kuliah. tapi tak jelas tujuanya kemana
Ramai yang datang kuliah, tapi semangat belajarnya lemah
Ramai yang ingin mendapatkan nilai bagus, tapi menghalalkan berbagai cara
Ramai yang ingin sukses kuliah, tapi tak siap menghadapi kegagalan
Ramai yang mengaku akademisi & intelektual, tapi tak memiliki moralitas akademika.

“Setiap manusia harus memutuskan:
Berjalan dalam ruang relative berbagi,
atau dalam ruang gelap egoisme yang merusak”

~Martin Luther King,Jr

Semoga terinspirasi untuk memperbaiki ‘keadaan dan pola fikir yang ada pada diri sendiri’ bermetafosislah untuk melakukan tranformasi diri melalui KULIAH agar kelak menjadi sarjana yang memiliki Nilai tambah (karakter manusia unggul).Nilai tambah itulah yang menentukan masadepan diri sendiri maupun perguruan tinggi, sekaligus mengokohkan mahasiswa sebagai Barisan terdepan untuk menjadi pemimpin masadepan untuk membawa menuju Indosesia jaya.

Merujuk Wikipedia Indonesia: Kampus adalah sebuah kata yang besasal dari bahasa latin Campus, yang berarti “Lapangan Luas’’. Dalam pengertian modern, kampus kampus berarti sebuah kompleks atau daerah tertutup yang merupakan gedung-gedung universitas atau perguruan tinggi.
KKBI Edisi ketiga (2007) mengartikan kampus sebagai lingkungan bangunan utama perguruan tinggi (Universitas,akademik) tempat semua kegiatan belajar mengajar dan administrasi berlangsung.

Pada tahap pertama, pembelajaran membuka pintu gerbang kemungkinan untuk
menjadi manusia dewasa dan mandiri.
Pembelajaran memungkinkan seseorang anak manusia berubah dari “tidak mampu” menjadi “mampu” atau dari “tidak berdaya” menjadi “sumber daya”.
Tanpa pembelajaran semua itu tidak mungkin.
~Andrias Harefa

HAKIKAT BELAJAR:

“Si Buta Huruf Di Masa Depan Bukanlah Orang Yang Tidak Dapat Membaca,
Melainkan Orang Yang Belum Mempelajari Bagaimana Harus Belajar”
~Alfin Toffler

KEWAJIBAN MAHASISWA
“Tugas yang utama dan yang paling utama
dari setiap pelajar ialah
Belajar
dengn
hasrat yang membara
dan
sepenuh kemampuan
~The Liang Gie

SEBAB

Semangat adalah salah satu mesin terkuat kesuksesan. Ketika kau melakukan sesuatu, lakukanlah dengan sekuat tenaga. Curahkan seluruh jiwamu. Tandai dengan kepribadianmu sendiri. jadilah aktif, jadilah energik,jadilah bersemangat dan setia, dan kau akan mencapai tujuanmu. Tak ada hal besar yang di capai tanpa Semangat.
~Relph Waldo Emerson


Kewajiban Dosen
kepada
MAHASISWA

Kewajiban seorang Dosen bukan untuk membuat para muridnya “senang”.upaya untuk menyenangkan para mahasiswa sering menyebabkan sanjungan-sanjungan yang dangkal dan kosong tanpa isi intelektual. Usaha memenuhi tuntutan para mahasiswa yang memiliki kecermatan intelektual merupakan soal lain dan jauh lebih baik daripada hanya membuat mereka senang.
(Edward Shils, 1984)





ANDA BELAJAR KALAU ANDA BERFIKIR

Belajar dengan berfikir memeang tidak mudah. Tidak berfikir dalam belajar berarti kita tidak belajar. Tidak belajar berfikir dalam belajar berarti kita belum sempurna belajar, bagaimana sesungguhnya belajar”(Firdaus LN). Berfikir adalah peroses mental yang menguras banyak energi. sebap itu ramai orang tidak suka belajar oleh karna BELAJAR yang sesungguhnya adalah BERFIKIR, maka aktivitas belajar selalu merupakan “Pemberontakan”(Margaret Lee Rubbeck), padahal jika kita memahami mengapa kita pelajar,maka kita dapat belajar dalam situasi apapun(Andrias Harefa)maka dari itu orang sukses menyadari tanggungjawab pribadinya untuk memotivasi diri sendiri. ia mulai dengan dirinya sendiri karena ia memiliki kunci kontaknya sendiri.(Robert Collier)

Sungguh mengerihkan, bisa melihat tapi tak punya Visi.”(Helen Keller) mau jadi apa anda.? anda sendirilah yang menentukan.untuk menajamkan visi pribadi, pikir-pikirlah ungkapan bijak berikut ini….!!!
It is not How Good You Are It is How Good You Want Too Be.(Paul Arden)Visi yang jelas akan menuntun langkahmu dengan penuh keyakinan,dan memicu semangat juang tanpa menyerah..!!(Firdaus LN)
Setiap orang yang bergerak (berubah) tentu memiliki factor pemicu (tigger). pemicu inilah yang melahirkan hasrat membara. Pemicu baru bisa di temukan kalau mahasiswa berhasil mengenal siapa dirinya yang sesungguhnya. itulah jati diri anda. di sinilah sebetulnya esensi pembinaan kemahasiswaan. Temukan factor Pemicu (factor”X”) dalam diri masing-masing(Mengenal jati diri).
Apakah Faktor “X” itu….?
Setiap anak manusia pasti punya bakat (fitrah). tapi belum tentu kita mengenal bakat kita masing-masing. ataupun kalau bakat kita tampak, kadang kita tidak menyadarinya atau mengakuinya. Bakat itu ada yang tersembul keluar seperti buah yang menggantung di pohon, namun sebagian besar tersimpan jauh di lubuk hati seperti bongkahan EMAS yang terkubur dalam perut bumi atau butiran timah yang terbenam di pulau dingkap. KALAU MAHASISWA TIDAK MENGENALINYA, IA TIDAK DAPAT DI TEMUKAN itulah factor “X” dalam diri mahasiswa sebagai pemicu HASRAT MEMBARA.
Faktor X (Albert Einstein) “Saya tidak memiliki talenta khusus. Saya Cuma memiliki RASA INGIN TAHU yang BESAR” tidak ada “x” kecil yang menjadi (X) BESAR tanpa ujian dan gemblengan. Hadapilah..!! yang penting bukan seberapa keras anda terbentur, tapi seberapa kuat tekat anda untuk tetap maju walau terbentur, seberapa banyak anda dapat menarik pelajaran dan bergerak merangsek ke depan.”(Rocky Bolbo) Tidak ada yang lebih memalukan ketimbang mengamati seseorang mengerjakan sesuatu yang anda katakana tidak bisa di kerjakan(Sam Erwin)

Berburu ke padang datar
Mendapat rusa belang kaki
Nak kuliah malas belajar
Macam bunga kembang tak jadi
~Firdaus LN

99% Sulit; 100%=Mudah
(Jack Canfield)

Rahasia keunggulan alah memulai. Rahasia memulai adalah memecah tugasmu yang rumit dan membingungkan menjadi tugas-tugas kecil yang sederhana, kemudian memulai dari yang pertama(Mark Twain). Dengan mempelajari bagaimana mengaktifkan gen positif dan mengnon-aktifkan gen negative, terbuka kemungkinan tak terbatas untuk mengembangkan potensi manusia. Dalam kondisi ekstrim, seorang dapat memunculkan KEKUATAN SUPER yang dapat mengubah pelajar tak berprestasi menjadi seorang pekerja keras yang tiba-tiba menonjol prestasi belajarnya. Fenomena ini terkait langsung dengan cara kerja gen kita yang dapat berubah tergantung dari sikap yang di miliki setiap individu(Kazuo Murakami,2007)

Belajar betul-betul atau
Belajar asal-asalan,
hasilnya….
SAMA-SAMA PENAT..!!
Sebelum Anda
Mengubah Cara Berfikir
dan Cara Pandang
terhadap Kuliah, Maka
Anda Belum Dapat
Di Sebut Sukses dalam
Perguruan Tinggi.
~Firdaus L.N.

Belajar itu MUDAH mulailah dari Hati Turn ON your Learning DNA nyalakan semangat belajar anda untuk meraih keunggulan.(Firdaus LN) Apakah keunggulan untuk bersing itu..? yaitu kemampuan organisme untuk belajar, dan dengan cepat menerjemahkan pelajaran itu menjadi tindakan. “itulah keunggulan bersaing yang sebenar-benarnya.!” Belajar berarti terus menerus menilai diri sendiri. Terus menerus menyadari dimana posisi kita berada saat ini. Belajar berarti berani dan lekas berubah. Berubah itu justru keharusan “Berubahlah sebelum engkau harus berubah.!”

ETOS KULIAH

  • Saat kuliah, hayatilah bahwa kuliahmu adalah rahmat, karena itu belajarlah dengan hati yang tulus penuh rasa syukur.
  • Ingatlah bahwa kuliahmu adalah amanah, karena itu belajarlah dengan tanggungjawab.
  • Hayatilah kuliahmu sebagai panggilan, karena itu belajarlah sampai tuntas penuh integritas.
  • Pandanglah kuliahmu sebagai aktualisasi diri, karena itu belajar keraslah penuh semangat.
  • Persembahkanlah kuliahmu sebagai ibadah, sebap itu belajarlah dengan serius dengan penuh keikhlasan.
  • Lakonilah kuliahmu sebagai seni, sebap itu belajarlah dengan cerdas penuh dengan kreativitas.
  • Sadarilah bahwa kuliahmu adalah kehormatanmu, sebap itu belajarlah dengan unggul penuh ketekunan.
  • Sajikanlah kuliahmu sebagai pelayanan, sebap itu belajarlah dengan sungguh-sungguh penuh kerendahan hati.



Kenalilah Dirimu Sendiri..!!
Dan ALLAH mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui, sesuatupun, dan dia member kamu pendengaran, dan hati, agar kamu bersyukur(Qs:An Nahl,78). Selama kuliah rajinlah bertanya karena orang yang bertanya, bodoh dalam 5 menit. Dan orang yang tidak bertanya akan bodoh selamanya. Kenapa belajar sepenuh hayat itu penting..??
KARENA..”Dalam era teknologi yang cepat berubah ini, tidak ada sertifikat, diploma atau gelar yang bisa menjamin PEKERJAAN SEUMUR HIDUP. Pengetahuan dan keterampilan menjadi ketinggalan dengan perubahan cepat dalam teknologi. Maka, kita harus senantiasa melengkapi ilmu actual dan terus maju” Tak ada jalan pintas ke tempat maupun yang layak di kunjungi, perjalanan seribu mil di mulai dari langkah pertama, dan itu hanya dapat di lakukan satu langkah demi satu langkah. Kesuksesan adalah jumlah total berbagai upaya kecil yang di ulangi setiap hari, para peraih prestsi bukan saja ulet, melainkan juga pekerja keras yang percaya pada diri sendiri. Ulet bukanlah sekedar sabar, pasif,apatis,pasrah dan bertahan.! Ulet adalah tekat yang mengandung sikap antusias,gigih,tegar,proaktif, dan Pantang menyerah..!!

Besarkan impian, maka kendala akan menjadi tantangan/peluang. Pengejar mimpi adalah orang yang punya keinginan mewujudkan impianya, rajin berfikir dan bertindak nyata.
Bermimpilah yang mulia.!nkarena setiap mimpi mulia memberikan gairah hidup. Railah yang mulia, karena setiap niat baik akan di beri jalan olehnya. Berbagilah dengan sesama.! karena dengan member engkau telah membeningkan hatimu. Berdoalah kepada Tuhan.! karena setiap doa mengantarkanmu semangkin dekat dengan impian. dan engkau di lahirkan untuk menjadi seorang pemenang, pemenang yang Mulia.! Masadepan adalah milik mereka yang melihat kemungkinan-kemungkinanya sebelum menjadi jelas. yang penting bukanlah apa yang anda lihat, melainkan cara anda melihatnya. Tetap yakin tidak perlu menjadi bimbang apalagi tersinggung dan marah jika orang lain sering meremehkan kemampuan kita, itu hal biasa.! yang penting kita tetap yakin dan tidak meremehkan diri sendiri. Jangan pernah mendengar orang lain yang mempunyai kecenerungan negative ataupun pesimis, karena itu tetaplah selalu POSITIV..! Berlakulah Tuli jika orang berkata kepadamu bahwa kamu tidak bisa menggapai cita-citamu, karena mereka mengambil sebaian besar mimpimu dan menjauhkanya darimu. haruslah selalu berfikir We can do it..! aku mau meraih sukses akademik dengan cemerlang,gemilanf,dan terbilang. bukan lulus sarjana dengan predikat sangat memuakan.!

Belajar dari kegagalan adalah cara meraih kesuksesan.
Tidak pernah GAGAL berarti tidak pernah SUKSES.
Orang sukses adalah orang yang pernah gagal.
KEGAGALAN bukan berarti anda bodoh, tetapi karena anda pernah mencoba..!!
itu pertanda anda berani, berhati teguh, bersemangat baja,
maka banggalah dengan diri anda sendiri..!




Maukah kau kuberi rumus KESUKSESAN.?

Cukup sederhana.!


Gandakan kemungkinan kegagalanmu.
Buat sebanyak mungkin. dari situ akan kau temukan KESUKSESAN.
~Thomas L. Watson

Kegagalan bukan berarti anda gagal tetapi karena anda belum sukses. Kegagalan bukan berarti anda tidak mencapai apa-apa tetapi anda sudah mempelajari sesuatu. Kegagalan bukan berarti anda tidak sukses tetapi di butuhkan kesabaran. Kegagalan bukan berarti anda sudah berakhir tetapi anda masih memiliki peluang untuk memulainya kembali dan berusaha mencari sesuatu yang baru. Kegagalan bukan berarti TUHAN sudah meninggalkan anda tetapi DIA mempunyai rencana yang lebih baik. Jadi benar kegagalan itu tidak akan pernah berakhir.

Paling tidak, ada 14 penyebap KEGAGALAN:

1. Tidak ada tujuan

2. Tak pernah mencatat tujuan

3. Tak ingin bertanggung jawab

4. Tak ada tindakan

5. Pembatasan diri

6. Malas tidak mau bemerja keras

7. Berteman dengan teman-teman yang “salah”

8. Kurang dalam lengaturan waktu

9. Salah memakai strategi

10. Kurang mengembangkan diri

11. Tak ada kesungguhan atau komitmen

12. Kurang menggunakan kekuatan pikiran bawah sadar

13. Kurang berhubungan antar manusia

14. Bodoh,sombong, dan menganggap diri sendiri paling hebat dan berhenti belajar.!
~Andrew Ho






Prestasi hanya di dapat oleh mereka yang terus-menerus menaikan tingkat aspirasinya, dan Ekspresinya..!
~Jack Nicklaus

Kejarlah prestasi, maka kau akan mendapatkan kekuatan. Karsa dan keberanian tidaklah sempurna bila tidak ada tujuan dan pengarahan. Semua yang terjadi adalah yang terbaik setiap kegagalan membawa benih kesuksesan, percaya pada diri sendiri adalah rahasia pertama KESUKSESAN. Siapa yang merasa tidak percaya dan tidak bisa hendaknya jangan menghalangi yang merasa bisa dan mampu. Keistimewaan sepanjang hidup adalah menjadi dirimu sendiri” sungguh Allah tidak mengubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri(Qs:Ar-Ra’ad:11). Potensi seseorang yang biasa-biasa saja itu seperti sebuah lautan luas yang belum terlayari, sebuah benua baru yang belum di jelajahi, sebuah dunia dengan segala kemungkinan yang menunggu untuk di bebaskan dan di bombing menuju kebaikan.

“The Human Mirace”

· 200 tulang yang telah di pahat secara unik dan elastic

· 500 Otot dengan miliaran serat otot dan saraf yang panjangnya mencapai 11 KM

· Denyut jantung 100.000 kali/hari

· memompa 25.000 dara/hari

· Mata mampu membedakan > 10 juta warna

· Panjang pembuluh darah 100.000 km dan bisa tersambung dengan serat otot mampu member sekitar 25   ton daya tarik kekuatan otot.

· Dalam 24 jam, jantung normal berdenyut 103.689 kali

· jarak tempuh peredaran darah sepanjang 168.000.000 mil

· Bernafas sebanyak 23.040 kali

· Menghirup udara sebanyak 483M3

· Menelan 1,5 kg makanan

· Minum 3,5 liter cairan

· Berkata-kata sebanyak 25.000 kata

· Menggerakan 750 otot

· Kuku tumbuh sepanjang 0,00012 cm

· Rambut tumbuh sepanjang 0,94353 cm




SEMUA AKTIFITAS BIOLOGIS ITU DI KENDALIKAN OLEH OTAK YANG JUMLAH SELNYA SETARA DENGAN 167 JUMLAH PENDUDUK DUNIA

* 100 milyar sel saraf (neuron)

* 200 milyar sel penunjang

* 100 triliun sinaps (jauh>dari jumlah galaksi alam semesta

* jika panjang 1 nioro = 10 mikro (10x sepersejuta), maka panjang 1 milyar neuro = 1 kilometer =>panjang dari jalan terpanjang di dunia atau lebih tinggi dari gedung tertinggi di dunia (menara burj dubai 817 meter) Bagaimana kalau 100 milyar sel saraf? >panjang dari keliling pelanet bumi kita jika stiap sel kita butuh 1 detik untuk menelusurinya, maka bayingkan untuk 100 milyar sel, apakah tidak jauh lebih besar dari ukuran raksasa yang pernah kita tahu?






MANUSIA BARU MENGGUNAKAN SEKITAR 5% POTENSI OTAKNYA

Berapa % Anda telah menggunakan potensi otak anda untuk mengembangkan diri?

DEMI MASA….!! waktu adalah sumber daya yang tak tergantikan. Mahasiswa,pegawai,cleaning servis dan Rektor mendapat jatah yang sama setiap hari : 1440 menit.! Ambil waktu yang di buang oleh orang rata-rata untuk mengerjakan hal produktif, maka anda akan menjadi Mahasiswa di atas rata-rata. Pemborosan yang paling besar adalah di tanah perkuburan karena anda mati sebelum dapat mengoptimalkan seluruh potensi. Kemauan membuat anda gigih meraih impian, berani menghadapi tantangan secara cerdik, dan mengoptimalkan potensi anda.

Hidup ku berawal dari mimpi-mimpi kecil di balik sebuah tembok raksasa yang menghalanginya, kekuatan terbesar untuk menghancurkan tembok raksasa itu adalah KEMAUAN dan rasa percaya diri untuk mengumpulkan semua kemampuan dalam satu titik…!!
~Malik 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar